Mengenal Perbedaan Antara Teh Hijau dan Teh Hitam


Teh, siapa yang tidak mengenal dengan jenis minuman yang satu ini ? Teh telah menjadi minuman yang sangat favorit di dunia. Bahkan di beberapa negara pun punya tradisi minum teh yang unik-unik. Seperti di Inggris ada tradisi yang namanya adalah tea party atau yang juga bisa diartikan sebagai pesta teh, dimana tradisi ini merupakan salah satu cara untuk menikmati teh dan sudah menjadi budaya khas disana. Lalu beda lagi dengan di Jepang, terdapat cara khusus untuk menyeduh daun teh supaya punya aroma dan rasa yang nikmat. Nah, di Indonesia sendiri jenis teh yang populer karena khasiatnya adalah teh hijau dan juga teh hitam. Lalu, apa perbedaan antara keduanya ? Berikut ulasan lebih lengkapnya :

Untuk teh hijau sendiri setelah dipetik dan dikeringkan, daun teh bakal diproses dengan cara dipanaskan lewat pengukusan. Proses pemanasan daun teh ini bakal menghentikan proses oksidasi untuk mempertahankan warna dari daun teh tersebut sendiri. Teh hijau identik punya rasa dan aroma yang segar.

Sementara untuk teh hitam sendiri adalah jenis teh yang mengalami proses oksidasi, yaitu reaksi kimia yang disebabkan oleh paparan oksigen. Proses oksidasi menjadikan warna dari daun teh pun menjadi gelap. Bukan cuman itu saja, proses oksidasi pada daun teh ini pun menjadikan rasa serta aroma dari teh hitam lebih pekat.

Nah, jangan beranggapan bahwa teh hitam punya kandungan kafein yang lebih tinggi lantaran diproses dengan melalui oksidasi dan sementara tidak demikian dengan teh hijau. Baik teh hitam maupun teh hijau pada dasarnya punya kandungan kafein yang setara. Hanya saja kadang kala proses pengolahan serta juga jenis dari daun teh dapat memberikan pengaruh terhadap kadar kafein yang dikandung dalam teh tersebut. Soal rasa memang antara teh hijau dan teh hitam punya perbedaan seperti yang disampaikan di atas bahwa teh hitam punya rasa yang pekat dan teh hijau sendiri lebih segar. Lain dari itu, meskipun rasanya berbeda, akan tetapi kedua jenis teh ini sama-sama mengandung flavonoid yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Teh hitam sendiri di Indonesia terus berkembang dengan begitu baik, yang mana teh hitam sangat mudah untuk dijumpai apalagi dalam kemasan yang lebih praktis yaitu dalam kantong teh celup. Seperti produk teh hitam dalam kemasan kantong celup yang terkemuka di Indonesia ini adalah SariWangi. Teh SariWangi adalah brand pelopor produk teh celup di Indonesia. Anda bisa dengan mudah merasakan kenikmatan teh hitam dimana saja dan kapan saja dengan SariWangi.

Joseph Wardani