Makanan Khas Jogja yang Paling Populer

Makanan Khas Jogja yang Paling Populer
Makanan Khas Jogja yang Paling Populer

Sebagai kota wisata, Jogja menawarkan banyak sekali objek wisata. Mulai dari wisata alamnya hingga wisata kulinernya yang tak kalah menarik.Beberapa makanan tersebut sudah terkenal seantero Indonesia bahkan ke mancanegara.Berikut adalah beberapa makanan khas jogja yang terpopuler.

-          Gudeg
Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini?Makanan yang terbuat dari nangka muda atau biasa disebut gori ini sudah sangat populer di Indonesia.Makanan ini menjadi objek wisata kuliner pertama yang paling dicari oleh wisatawan. Gudeg ahkan telah di olah dengan berbagai cara mulai dari yang kering hingga yang basah. Variasi gudeg selain dari cara penyajiannya, rasa dari gudegpun tak hanya manis dan gurih namun Anda bisa menikmati gudeg dengan rasa yang sangat pedas atau populer dengan nama gudeg mercon.
-          Bakpia
Makanan khas dari Jogja selanjutnya yaitu Bakpia Pathok.Makanan ini telah menjadi incaran oleh berbagai wiisatawan.Baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara.Bakpia telah terkenal di berbagai Indonesia hingga luar negeri.Bakpia memiliki varian isi yang sangat beragam mulai dari kacang hijau, keju, coklat, bahkan strawberry dan durian dapat Anda rasakan.Bakpia dapat ditemukan diberbagai tempat di Jogjakarta.Seperti dipusat oleh-oleh, tempat wisata, bahkan di Malioboro dengan penawaran harga, rasa dan kualitas yang beragam.
-          Sate Klatak
Sate dari Jogja ini memiliki kekhasan tersendiri selain dari rasanya, cara memasak sate inipun terbilang cukup aneh. Dengan memanfaatkan jeruji sepeda sebagai tangkai untuk menusuk daging. Sate klatak menggunakan daging kambing. Sate klatak dapat ditemukan dengan mudah diberbagai pelosok Jogja.
-          Gethuk
Gethuk merupakan makanan khas jogja yang terbuat dari singkong yang dihaluskan.Gethuk biasanya disajikan dengan kuah dari gula merah.Makanan yang satu ini juga biasanya di jual di tampah yang besar.Sebelum dijual, gethuk telah diiris-iris terlebuh dahulu dan ditaburi parutan kelapa.Gethuk banyak ditemui di pasar-pasar tradisional maupun diberbagai daerah yang menjual aneka makanan tradisional.

Joseph Wardani