Wisata Kuliner Cirebon

Wisata Kuliner Khas Cirebon

Wisata Kuliner Cirebon

Bagi para pecinta makanan, jangan mengaku pecinta makanan kalo belum berwisata kuliner ke Cirebon. Cirebon, kota kecil yang sering disebut sebagai Kota Udang ini kaya akan kuliner khasnya. Mulai dari makanan berat hingga jajanan ringan. Anda hanya perlu menyiapkan uang dan perut saja. berbagai kuliner khas Cirebon tersebar di berbagai sudut Kota Cirebon. Empal gentong, nasi lengko, nasi jamblang, docang, mie koclok, sate kalong, tahu gejrot, dan kerupuk melarat merupakan kuliner khas Cirebon. Sudahkah Anda mencoba salah satunya? Jika belum datanglah ke Cirebon! 

Cirebon terkenal dengan kuliner khasnya yang bermacam-macam. Cirebon sering menjadi tempat persinggahan para pemudik ketika liburan tiba. Banyak pemudik yang singgah di Cirebon hanya untuk menikmati kuliner Kota Udang ini. Empal gentong menjadi salah satu kuliner favorit yang diminati pengunjung. Empal gentong merupaka gulai daging sapi dimana proses pemasakannya dimasukkan ke dalam gentong. Biasanya empal gentong disajikan dengan topping sambal kering dan kucai. Kuliner khas Cirebon selanjutnya adalah nasi lengko. Nasi lengko ini merupakan makanan yang terdiri dari nasi putih, mentimun, toge, tahu, tempe, dan kucai. Selanjutnya diberi topping kecap, bumbu kacang, dan bawang goreng. Nasi lengko yang terkenal di Cirebon adalah nasi lengko Pagongan. Kemudian, ada docang yang juga sangat lezat. Mungkin namanya terdengar aneh, namun rasanya tak diragukan lagi. Docang merupakan makanan yang terdiri dari lontong, daun singkong, toge, parutan kelapa yang kemudian disiram dengan kuah bening dengan potongan dage. Docang ini paling lezat jika ditambah kerupuk dan sambal.

Kuliner khas Cirebon berikutnya adalah mie koclok. Mie koclok merupakan kombinasi dari mie kuning, kol, daging ayam, telur, dan toge. Kemudian disajikan dengan kuah santan yang sangat khas. Mie koclok yang terkenal di Cirebon adalah mie koclok Jatimerta. Di Cirebon juga ada sate kalong. Namanya sate kalong tetapi bahan dasar dari sate ini adalah daging kerbau. Rasa dari sate kalong ini adalah asin dan manis. Kuliner berikutnya adalah tahu gejrot. Tahu gejrot merupakan makanan yang terdiri dari potongan tahu, ulekan kasar beberapa bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, gula merah, dan garam, serta kuah gula. Kuliner khas Cirebon yang terakhir adalah kerupuk melarat. Mungkin namanya terdengar aneh. Tetapi rasa dari kerupuk melarat ini sangatlah enak, ada gurih dan ada manisnya. Kerupuk ini digoreng bukan dengan menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir. Biasanya kerupuk ini dimakan dengan disiram sambal asam. Jadi, tertarikkah Anda untuk berwisata kuliner di Cirebon? Tunggu apalagi!


Joseph Wardani