Kuliner Malam Pinggir Jalan: Melipir ke Alun-alun Cirebon

Kuliner Khas Cirebon

Kuliner Malam Pinggir Jalan: Melipir ke Alun-alun Cirebon

Bagi Anda yang sedang berada di Cirebon ataupun yang akan berkunjung ke Cirebon, Cirebon memiliki tempat nongkrong yang asik. Jika Anda ingin menikmati suasana malamnya, Anda bisa mengunjungi Alun-alun Kejaksan Cirebon yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Kejaksan. Anda akan dimanjakan dengan megahnya bangunan Masjid Attaqwa dan kuliner-kuliner malam di pinggir Alun-alun. Ada tahu gejrot, es durian, nasi goreng kambing, tahu petis, martabak manis, roti bakar, dan es campur. Namun, yang paling digemari oleh banyak orang adalah tahu gejrot dan es durian. Kedua kuliner malam tersebut sangat recommended untuk dicoba.     

Tahu gejrot yang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon ini menjadi kuliner primadona di Alun-alun Kejaksan. Tahu gejrot ini terdiri dari tahu yang dipotong-dipotong kemudian diberi bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, gula merah, dan garam yang sudah diulek kasar lalu ditambahkan kuah gula yang sangat lezat. Perpaduan rasa gurihnya tahu, pedasnya cabai dan bawang, serta manisnya kuah sangatlah pas. Biasanya untuk satu porsi Anda hanya perlu mengeluarkan Rp. 5.000 saja. Sangat murah bukan? Yang menambah rasa nikmat adalah penyajian tahu gejrot yang disajikan di cowet hitam. Dengan harga yang murah, rasa yang lezat, dan tempat yang indah, Anda bisa menikmati Cirebon di malam hari dengan senang.

Selain itu, yang tidak kalah lezatnya adalah es durian. Jangan heran jika Anda ingin membeli es durian di Alun-alun Kejaksan karena memang selalu ramai oleh pembeli. Perpaduan es, durian, dan sirup Tjampolay rasa pisang susu yang merupakan sirup khas dari Cirebon ini memberi sensasi rasa yang segar. Wajar saja banyak yang rela mengantri panjang hanya untuk menikmati kelezatan dan kesegaran es durian ini. Anda hanya perlu mengeluarkan Rp. 12.000 saja untuk mendapatkan satu porsi es durian. Akan lebih sempurna lagi jika Anda memakan tahu gejrot terlebih dahulu lalu ditutup dengan menyantap es durian. Jadi hanya bermodal Rp. 20.000 saja Anda sudah bisa menikmati malam hari Kota Cirebon dengan senang dan tentunya kenyang.


Joseph Wardani